Inilah Nama Lain Pisang Raja Sereh Dan Ciri Cirinya Serta Harganya

Pisang Raja Sereh, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang yang satu ini sempat membuat sang penulis bingung, karena banyak yang menggambarkan dengan versi yang sedikit berbeda. Akan tetapi, setelah melakukan banyak tanya di lapangan, ada sedikit benang merah yang mulai admin temukan, dan semoga ulasan jenis pisang yang satu ini bisa memberikan gambaran yang tepat bagi temen temen semua.

Namanya pisang raja sereh, kalau di daerah admin, siapapun yang ditanya mulai dari pedagang pisang hingga penikmat pisang, bahkan penduduk yang memiliki pohon pisang raja sereh sekalipun tak akan tau kalau ditanya tentang pisang raja sereh, apa lagi ciri ciri dan manfaatnya. Sama halnya di beberapa kota kota di dekat kota saya berada.

Berikut Ini Adalah Nama Lain Pisang Raja Sereh


Lain hal nya jika ditanya....ini pisang apa namanya....

Gambar Pisang Raja Sereh


Maka mereka akan menjawabnya dengan nama yang sama .....yakni pisang kawesto ( gedang kawesto ).

Yuppsss itulah nama lain pisang raja sereh atau raja sere. Dan pada tulisan sebelumnya yakni ....Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini.... admin sudah sedikit menyinggungnya.

Itu betul, pisang yang memiliki kulit tipis ini termasuk dari jenis pisang raja. Hanya saja jenis pisang ini bukan termasuk pisang olah atau pisang plantain, akan tetapi masuk dalam kelompok pisang buah atau pisang meja.

Selain memiliki nama daerah pisang kewesto atau gedang kawesto, pisang ini juga akrab dengan nama pisang susu. Itu karena tekstur warna buahnya seperti putihnya susu, selain itu ketika dikunyah, buah pisang ini juga pulen kayak susu, hanya saja harus dengan kematangan yang tepat.

Karena jika tidak, misal kurang matang, maka ada rasa sepat ( sepet ) yang sangat dan ada rasa asamnya, lain halnya jika dalam kematangan yang tepat, maka rasa pulen kayak susunya ada.

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari buah pisang ini memiliki nama lain atau nama daerah yang berbeda beda, dan jika di daerah saya lebih populer dengan nama pisang kawesto ( gedang kawesto ) dan pisang susu.


Ciri Ciri Pisang Raja Sereh


Gambar Ciri Ciri Pisang Raja Sereh

Seperti disinggung di atas, buah pisang ini memiliki kulit buah yang sangat tipis, akan tetapi mudah untuk dikupas, tidak seperti buah pisang mas yang kulitnya tipis tapi sulit dikupas atau lengket pada buahnya saat terlalu matang.

Baca juga : Ciri Ciri Pisang Mas, Harganya Di Pasaran, Gambarnya, Dan Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli dan Gambar Pisang Mas Dan Pohon Pisang Mas

Selain kulitnya yang tipis, kulitnya berwarna hijau saat masih mentah dan akan berupah kuning pada saat matang serta pada kulitnya juga adanya bitik bintik hitam yang banyak.

Baca Juga : Jenis Pisang Hijau Atau Pisang Yang Warna Kulitnya Hijau Walaupun Sudah Matang

Untuk rasanya sudah digambarkan di atas, yakni manis dan ada sepat serta asamnya ketika kematanganya kurang tepat, manis ketika matangnya pas.

Selain itu, ciri ciri pisang raja sereh ini dalam setiap tandanya kurang lebih ada 5 hingga 9 sisir dengan berat per tandan sekitar 12 hingga 16 kg...tergantung dari kesuburan pohonya.

Baca Juga : Jenis Jenis Pohon Pisang Pendek Dan Gambarnya

Dan untuk setiap sisir pisang yang memiliki nama lain pisang susu ini memiliki buah 11 hingga 16 buah setiap sisirnya, dengan berat per buah sekitar 60 gram dan panjang per buahnya 10 hingga 15 cm dengan diameter 3 sampai 4 cm.

Jenis Pisang Raja Sereh


Di lapangan ( pasar ) yang saya survai, ternyata pisang yang nama lainya pisang kawesto ini ada dua jenis.

Yang satu buahnya montok dan yang satunya kurang montok dan yang memiliki kulit banyak bintik bintik hitamnya dan yan mulus dan sedikit bintik hitamnya.

Untuk rasa, saya sendiri baru mencoba yang banyak bintik hitamnya, akan tetapi menurut survai lapangan katanya sih lebih pulen yang banyak bintiknya.

Gambar Pisang Raja Sereh Yang Mulus Dan Sedikit Bintik Bintik Hitamnya
Gambar Pisang Raja Sereh Yang Mulus Dan Sedikit Bintik Bintik Hitamnya


Gambar Pisang Raja Sereh Banyak Bintik Bintik Hitamnya
Gambar Pisang Raja Sereh Banyak Bintik Bintik Hitamnya


Harga Pisang Raja Sereh Per Sisir Di Pasaran


Untuk harga pisang raja sereh ini disetiap daerah tentunya berbeda beda, baik per sisir maupun per tandanya. Akan tetapi pada umumnya pisang ini di pasaran harganya per sisir lebih dari 10 ribu rupiah dan jarang sekali kalau di bawah 10 ribu.

Semoga judul Inilah Nama Lain Pisang Raja Sereh Dan Ciri Cirinya ini membawa manfaat.

7 Responses to "Inilah Nama Lain Pisang Raja Sereh Dan Ciri Cirinya Serta Harganya"

  1. bang mau nanya dimana yang jual bibit pisang raja sereh ini?

    ReplyDelete
  2. Yg butuh bibitnya saya ada
    Email ediekon@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Kalau pisang raja dari papua masuk jenis yg mana ya? Trims

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat. Td baru aja beli pisang raja sereh atau pisang susu ini, tp koq rasanya sepat, padahal buahnya sudah lembut. Trnyata stelah baca disini baru tw klo blm matang.

    ReplyDelete
  5. Classic Iron Athletics - Titanium Athletics
    Shop for babyliss pro titanium straightener the nier titanium alloy Iron ecosport titanium Athletics. titanium build The Iron Athletics Iron At Tingling Stadium, our Iron titanium camping cookware Athletics team is honored to play our Iron® Bowling Club!

    ReplyDelete
  6. Pisang sdh uning tai knp masuh sepet rasanya

    ReplyDelete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel