Mau Tau Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk? Berikut Ulasanya

Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang yang pernah kita lihat dan makan memang banyak jenisnya, ada yang ukuranya kecil, ada yang ukuranya sedang dan ada pula yang ukuran diameternya besar dan juga panjang. Seperti misalnya pisang agung talun dari Lumajang dan pisang tanduk.

Baca Juga : Ingin Tau Pisang Agung Talun Yuk Lihat Gambar Gambar Pisang Agung Berikut ini


Kedua pisang ini memang termasuk jenis pisang plantain, yakni jenis buah pisang yang musti diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, walaupun juga bisa dikonsumsi langsung saat sudah masak atau matang.

Pisang tanduk dan pisang agung memang kedua buahnya memiliki ukuran besar, admin sendiri sempat bingung untuk membedakan kedua jenis buah pisang ini, terlebih saat tadi jalan jalan di pasar, ada juga buah pisang yang ukuranya lumayan besar yang ciri cirinya mirip dengan pisang tanduk, akan tetapi warga lokal atau penjual pisang menyebutnya dengan nama pisang raja bawen......hemmmm tambah bingung deh.

Akan tetapi, telusur demi telusur dari berbagai sumber, dari mbah google tentunya, admin menemukan benang merah dari beda pisang agung dan pisang tanduk tersebut. Walaupun masih analisa admin, tapi admin yakin ada kebenaran dari analisa admin ini.

Baca Juga : Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini

Analisa Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk


Ketika admin mencoba mencari sumber yang valid akan buah pisang tanduk ini, admin menemukan bahwasanya ciri ciri buah pisang tanduk ini, dalam satu tandan terdapat 8 hingga 13 sisir pisang dan dari setiap sisir pisang tanduk terdapat sekitar 12 hingga 22 buah dengan panjang tandan antara 60 cm hingga 100 cm dan berat per tandanya antara 15 hingga 30 kg. Sumbernya Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Ini benar benar membingungkan admin, ketika admin mencari jawaban dengan gambar, semua gambar yang menyajikan ulasan pisang tanduk ini, panjang tandan tidak ada yang 60 hingga 100 cm, dan setiap gambar tidak ada yang banyak sisir per tandanya 8 hingga 13 sisir, ini aneh menurut admin.....

Karena setiap gambar yang ada, menunjukan bahwasanya setiap tandan pisang tanduk kurang lebih ada 3 sisir.

Baca Juga : Kandungan Jantung Pisang Yang Paling Akurat Dari Journal Afrika Bioteknologi



Gambar Pisang Tanduk - Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk
Gambar Pisang Tanduk, Sumber Gambar pleisbilongtumi.wordpress.com

Baca Juga : Jenis Jenis Pisang Untuk Bayi 6 Bulan

Nah ketika mencari sumber paling valid akan buah pisang agung, gambaranya seperti ini....dalam setiap tandan pisang agung ini hanya ada dua sisir terkadang hanya satu sisir, dan setiap sisirnya ada 10 hingga 18 buah dan setiap tandan memiliki berat antara 10 hingga 15 kg dengan panjang per buahnya 33 hingga 36 cm ada juga yang 33 hingga 40 cm.

Gambar Pisang Agung - Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk
Gambar Pisang Agung, Sumber Gambar idawidyastuti.blogspot.co.id
Gambarnya juga menunjukan persis dengan keterangan tadi,

Dengan melihat gambar pisang tanduk, mungkin saja dalam tulisan Wikipedia, ensiklopedia bebas tadi ada yang kurang pas. Itu karena setiap gambar pisang tanduk tidak ada yang menunjukan adanya 8 hingga 13 sisir dalam setiap tandan.....masih mungkin sih 😄.

Dan menurut admin, dengan melihat gambar yang diberikan sama mbah google sih, pisang tanduk itu per tandanya hanya ada 3 sisir bisa juga kurang.

Baca Juga : Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya


Lalu apa bedanya dengan pisang agung dari Lumajang.......?

Ini masih analisis dan belum tentu benar, nanti jika kebenaran terungkap mengenai beda pisang agung dan pisng tanduk, tetep akan admin tulis untuk membenarkan analisis ini.

Indonesia penuh dengan ragam budaya dan juga bahasa, jadi kemungkinan pisang agung itu ya pisang tanduk, karena pisang agung sendiri ada dua jenis yakni pisang agung jowo dan pisang agung talun menurut http://pramedina.blogspot.co.id.

Sedangkan menurut https://rajaagam.wordpress.com, pisang agung juga ada dua jenis, yakni pisang agung dan pisang talun. Kalau pisang agung dalam satu tandan ada 1 atau 2 sisir kalau pisang talun dalam satu tandan lebih dari 2 sisir.

Baca Juga : Berikut Adalah Jenis Jenis Pisang Untuk Keripik

Oh ya, jika sahabat ada yang lebih mengenal pisang tanduk dan pisang talun ini, tolong berkonter ya.

8 Responses to "Mau Tau Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk? Berikut Ulasanya"

  1. Terima kasih ya gan

    ReplyDelete
  2. Pisang tanduk termasuk dalam sub-kelompok Plantain dalam kelompok genom AAB. Sub-kelompok Plantain sendiri terdiri atas French Plantain, Horn Plantain, dan False Horn Plantain. Ketiganya dibedakan berdasarkan atas ciri-ciri perbungaannya, bukan hanya dari tandan buah dan ukuran buahnya. French Plantain mempunyai struktur perbungaan lengkap, sebagaimana perbungaan pisang pada umumnya. Perbungaan Horn Plantain terdiri hanya atas bunga betina yang akan berkembang menjadi buah tanpa ada jantung. Perbungaan False Horn Plantain terdiri atas bunga betina dan bunga steril yang akan berkembang menjadi semacam buah berukuran tidak normal di bagian bawah sisir buah berukuran normal. Melihat foto Pisang Agung di atas, kemungkinan merupakan kategori False Horn Plantain, sedangkan Pisang tanduk ke dalam kategori Horn Plantain.

    ReplyDelete
  3. Pisang tanduk berbuah hanya 1 sisir sedangkan pisang agung 2 sisir.

    ReplyDelete
  4. Pisang yg bulirnya sebesar pisang tanduk ada, banyaknya sisir dalam satu tandan bisa sampai 13 sisir, tiap sisir bisa sampai 15 bulir, pohonnya saya punya,

    Rasanya sedikit lebih asam, tekstur sama, umumnya pohon tak mampu menahan beratnya buah sampai matang.

    Yg saya lakukan membuang sisiran hingga menyisakan 4 sisir saja karena malas meningkat.

    ReplyDelete
  5. Kalau sisirnya tidak bisa. Kalau dari rasa ,tekstur ,warna ,ciri daging baru ketemu. Pisang agung kadang berbuah 1 lirang kadang berbuah 2 lirang. Maksimal 2 lirang. Bentuk buahnya seperti tanduk dan kalau sudah tua sedikit nyiku.

    ReplyDelete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel