Mengenal Ciri Ciri Buah Pisang Barangan, Harga, Dan Pohon Pisang Barangan

Pisang Barangan, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang barangan adalah salah satu jenis buah pisang yang kulitnya tebal akan tetapi mudah dikupas dan ketika sudah matang memliki aroma harum serta cita rasa yang khas dan bisa langsung dimakan.


Gambar Ciri Ciri Pisang Barangan
Gambar Buah Pisang Barangan




Nama lain dari buah pisang ini juga ada yang menyebutnya pisang barangan merah dan pisang barangan medan, itu karena memang ciri ciri pisang ini kulit buahnya kuning kemarahan dan ada bintik bintik coklat.

Selain itu, memang buah dari pisang ini warnanya sedikit kemerahan atau oranye. Dan pohon jenis pisang ini memang banyak dibudidayakan di Medan, Sumatra Utara.

Ketika sampai di Jakarta, buah pisang ini harganya cukup mahal, itu karena memang transportasinya dari Medan ke Jakarta memakan biaya yang cukup tinggi.

Pada umumnya, harga pisang barangan berkisar antara Rp 10. 000 hingga 25 ribu per sisirnya, tergantung dari kualitas serta besar kecilnya pisang itu sendiri.

Selain bisa langsung dimakan ketika buah pisang ini sudah matang, juga bisa di makan setelah diolah, seperti misalnya pisang goreng.

Baca juga : Jenis Pisang Untuk Pisang Goreng

Selain itu, ternyata buah pisang jenis ini banyak sekali manfaatnya, termasuk untuk diare dan yang lainya.

Bunda juga bisa memberikan buah pisang barangan untuk bayi bunda, hanya saja bunda harus selektif dalam memilih ketika membelinya, seperti misalnya benar benar sudah matang.

Baca juga: Jenis Jenis Pisang Untuk Bayi 6 Bulan


Ciri Ciri Pisang Barangan Dan Tips Untuk Memilihnya Saat Membelinya Di Pasar



Gambar Satu Pisang Barangan Yang Masih Mentah
Gambar Satu Pisang Barangan Yang Masih Mentah
Seperti sedikit disinggung di atas, ciri ciri jenis pisang ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Selain itu, kulit buahnya berwarna kuning kemerahan dan ada bintik bintik atau bercak coklatnya dan buahnya juga memiliki warna kemerahan.

Pisang yang satu ini panjang per buahnya berkisar antara 12 hingga 18 cm dengan diameter per buahnya 3 sampai 4 cm.

Untuk ciri cirinya ketika masih dalam keadaan sisir, pada umumnya setiap sisir pisang ini ada 12 hingga 20 buah.

Sedangkan ketika masih dalam keadaan tandan, setiap tandan pisang asal Medan ini kurang lebih berjumlah 8 hingga 12 sisir. Untuk berat pertandan pisang ini kurang lebih 12 hingga 20 kg.


Tips memilih Pisang Barangan Yang Hendak Ingin Langsug Dikonsumsi



Gambar Buah Pisang Barangan
Gambar Ciri Ciri Buah Pisang Barangan
Pilih buah pisang yang besar, itu karena bisa dibilang pisang tersebut sudah benar benar tua dan pas untuk dipasarkan.

Pilihlah buah yang dari pangkal tandan agar mendapatkan yang benar benar tua dan matang, bukan dari ujung tandan, karena pada umumnya buah pisang matang di mulai buah yang berada di pangkal tandan lalu menjalar ke ujung tandan.

Pilihlah buah pisang yang kulitnya sudah benar benar kuning kemerahan dan sudah ada bercak hitam, hindari yang masih polos.


Gambar Satu Tandan Pisang Barangan Yang Mulai Matang
Gambar Satu Tandan Pisang Barangan Yang Mulai Matang
Akan tetapi bila buah pisang yang sahabat beli untuk sebuah acara yang mungkin masih membutuhkan waktu untuk mengkonsumsi pisang yang dibeli, sebaiknya pilih yang masih polos dan belum banyak bercak hitamnya. Agar supaya di hari yang dibutuhkan, pisang sudah pas matangnya.


Pohon Pisang Barangan


Gambar Pohon Pisang Baranagan Yang Berbuah
Gambar Pohon Pisang Baranagan Yang Berbuah
Nama latin pisang barangan ini adalah  ( Musa   acuminata L.), seperti disinggung di atas, jenis pisang ini banyak tumbuh di Medan, Sumatra Utara.

Tinggi pohon pisangnya bisa dibilang sama dengan pohon pisang lainya, yang kurang lebih berkisar antara 3,5 hingga 7,5 meter.

Oh ya, sekedar sedikit penejelasan saja, pada umumnya bagian yang tinggi tegak dari pangkal akar hingga ke daun disebut batang pisang, akan tetapi sebenarnya itu adalah bukan batang, melainkan batang semu, sedangkan batang pisang yang sebenarnya ada di dalam tanah berupa umbi batang.

Jika Sahabat ingin membudidayakan atau menanam jenis pohon pisang ini, baik di samping rumah atau di pekarangan rumah, sahabat tinggal minta bibit pada tetangga atau beli bibitnya.

Ketika sahabat menanam pisang barangan ini, maka pada umumnya akan berbuah ketika umur pohon pisang antara 12 hingga 14 bulan.

0 Response to "Mengenal Ciri Ciri Buah Pisang Barangan, Harga, Dan Pohon Pisang Barangan"

Post a Comment

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel