Rabu, 05 April 2017

Akhirnya Terjawab Sudah Rasa Penasaran Saya Seperti Apa Rasa Pisang Tanduk Goreng

Pisang Tanduk  Goreng, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Pisang tanduk ini menurut admin bukanlah sembarang buah pisang, kenapa...itu karena pisang yang berukuran super besar dan panjang ini sulit untuk mendapatkanya.

Iya.....sulit, karena waktu admin mencoba untuk mencari pisang yang nama lainya adalah pisang byar ini, ternyata jarang sekali yang menjualnya.

Kata para penjual pisang yang banyak dan berjejer - jejer menjajakan pisang mereka di pasar tradisional....dalam bahasa jawanya......

Jawa ~ Gedhang byar tho, angel iku goleaane, larang sisan, sampean butuh pirang cengkeh ?, pesen ndisek, engko nak ono tak kabari.

Artinya ~ O pisang byar, kalau pisang itu sulit mencarinya, harganya juga mahal, kamu butuh berapa sisir?, pesan dulu aja, nanti kalau sudah ada saya kasih kabar.

Nah itulah kenapa admin bilang kalau pisang tanduk bukanlah sembarang pisang, kalau di daerah admin yang dekat dengan sentral pisang tanduk saja kesulitan untuk mendapatkanya, admin rasa di daerah lain juga sulit......mungkin sih.

Setelah beberapa hari, sipenjual pisang akhirnya mendapatkannya dan disimpannya untuk admin. Sebelum ke cerita pisang tanduk goreng, ada baiknya lihat dulu harga pisang tanduk yang admin bali ya, mungkin saja kan bermanfaat buat sahabat semua.

Harga Pisang Tanduk Per Sisir, Bukan Harga Pisang Tanduk Goreng Ya 😉


Membeli buah pisang itu memang harus pandai pandai menawar, terlebih pisang langka atau pisang yang jarang kelihatan di pasar pasar. Kalau tidak, maka harga yang ditawarkan akan selangit. 😂😂😂

Tawar demi tawar, akhirnya saya membelinya dengan harga 17 ribu untuk satu sisir pisang tanduk tersebut.

Ukuranya.....wuezzzz jangan tanya, pisang tanduk emang beneran besar......girang bukan main deh.

Pisang tanduk yang admin beli ini memiliki 8 buah dalam satu sisirnya.

Gambar Pisang Tanduk-Pisang Tanduk Goreng
Gambar Pisang Tanduk
Karena admin ingin memastikan....maka admin tanya pada penjual ~ kalau satu tandan pisang tanduk itu ada berapa sisir ya? jawabnya ~ kadang ada 2 sisir kadang juga 3, ada pula yang satu sisir dalam satu tandanya, akan tetapi ukuran buahnya besar sekali yang satu sisir itu.

Sampai di rumah, penasaran pingin tau berapa sih panjang buah pisang tanduk ini?, untuk buah pisang tanduk yang besar, panjangnya bisa mancapai 38 cm, sedangkan yang ukuranya kecil bisa mencapai 25 cm. Di bawah ini adalah gambar ukuran panjang pisang tanduk.

Gambar Panjang Buah Pisang Tanduk-Pisang Tanduk Goreng
Gambar Panjang Buah Pisang Tanduk

Gambar Panjang Pisang Tanduk-Pisang Tanduk Goreng
Gambar Panjang Pisang Tanduk


Coba Direbus Dulu Ah...... Sebelum Coba Pisang Tanduk Goreng


Bingung juga ya.....buah pisang sebesar dan sepanjang ini mau diolah jadi apa? Kalau dimakan langsung pastinya kenyang banget, tapi karena rasa penasaran rasa pisang tanduk sebelum diolah, maka....langsung sikat saja satu buah.

Setelah dikupas, buah pisang tanduk ini warna dagingnya " menurut admin ya " agak kuning kemerah merahan atau oren.

Untuk kulitnya agak tebal, aromanya menurut admin sih kurang begitu menyengat, sedangkan rasa buahnya, ketika digigit itu manis, dingin, agak kenyal sedikit, lainlah dengan buah pisang lainya.....untuk rasa asam kayaknya nggak begitu terasa.....menurut admin lho.

Dengar dengar dari para penjual pisang, kalau pisang tanduk ini enaknya direbus, seperti para penjual pisang tanduk di daerah asalnya.

Jadi penasaran rasa pisang tanduk kalau direbus seperti apa ya?

Langsung ambil panci....lho kok gak muat ya......😄😄😄

Gambar Pisang Tanduk Rebus-Pisang Tanduk Goreng
Gambar Pisang Tanduk Rebus

Ganti panci yang ukuran besar deh akhirnya......

Gambar Buah Pisang Tanduk Rebus-Pisang Tanduk Goreng
Gambar Buah Pisang Tanduk Rebus

Untuk rasa pisang tanduk rebus, menurut admin jadi aneh....enakan dimakan lansung kayaknya.

Karena setelah beberapa menit direbus.....dan langsung di coba, rasa pisang tanduk rebus ini ada rasa asamnya,,,malah tidak sedikit rasa asamnya. Terasa banget deh...

Pisang Tanduk Goreng


Ya....menurut sepengetahuan admin kalau pisang tanduk bukanlah buah pisang meja atau pisang yang langsung dimakan, dengan kata lain harus diolah terlebih dahulu, maka admin mencoba untuk menggoreng pisang tanduk ini.

Biar tidak kebanyakan makan pisang dalam satu hari, maka admin putuskan untuk menggorengnya esok hari, simpan di freezer dulu.

dan esoknya.....taaaara, jadi deh pisang tanduk goreng

Gambar Pisang Tanduk Goreng
Gambar Pisang Tanduk Goreng
Untuk rasa pisang tanduk goreng juga menurut admin aneh, karena sama sama masam kayak pisang tanduk direbus.

Tak apalah, yang penting tau rasanya buah pisang tanduk saat belum diolah, rasa pisang tanduk rebus dan rasa pisang tanduk goreng.

Nah itulah pengalaman admin yang penasaran akan buah pisang tanduk, terlabih rasa pisang tanduk goreng.

Tapi, penasaran juga sih, kenapa pisang tanduk terasa asam ketika digoreng ya....apa karena dimasukin ke freezer dulu ya, atau memang buah pisang tanduk ini seperti itu adanya....entahlah. O ya kalau sahabat ada yang tau tolong bantu jawab di kolom komentar ya.

Karena admin beli pisang tanduk ini dalam keadaan matang, maka tak jadi deh bikin keripik pisang tanduk.

Semoga cerita pisang tanduk goreng ini bisa bikin sahabat bertambah wawasan akan buah pisang besar ini ya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir, jika emang bagus...tolong bantu share ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus