Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Ambon , Ciri Ciri, Bentuk, Aroma, Serta Rasanya

Jenis Pisang Ambon, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang yang akan sahabat kenali kali ini adalah pisang ambon, dengan membaca bahasan dari pisang ambon ini hingga akhir maka sahabat akan menemukan pemahaman tentang ciri ciri pisang ambon, bentuk pisang ambon, serta jenis jenis pisang ambon.

Gambar Jenis Pisang Ambon
Gambar-nya tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
Mungkin sebagian dari sahabat bertanya tanya, dari mana asal muasal pisang ambon, kok namanya seperti pulau yang ada di Provinsi Maluku?





Asal tau saja ya, di Ambon sendiri pisang ambon ini tidak disebut dengan pisang ambon, melainkan disana di sebut pisang meja, itu karena pisang ambon ini disajikan di atas meja sebagai makanan penutup dan pencuci mulut.

Jadi, dari mana asal buah pisang ambon ini, jika sahabat ada yang tau dari mana, maka bisa di tuliskan di kolom komentar dan akan di udate di blog ini.

Akan tetapi, mungkin jawaban ini sedikit melegakan sebagian sahabat yang bertanya......ambon adalah bahasa jawa yang berarti bau, mugkin karena bau atau aroma harum dari pisang ambon ini menjadikan orang jawa menyebutnya menjadi buah pisang ambon.

Jenis Pisang Ambon , Ciri Ciri, Bentuk, Aroma, Serta Rasanya


Pisang ambon adalah salah satu dari jenis jenis buah pisang yang digemari di dunia, termasuk Indonesia. Itu karena, pisang ambon ini selain bisa diberikan pada bayi, juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, bagi pria, wanita hamil, kecantikan dan yang lainya.

Tak hanya itu, selain mudah didapat, dan harganya yang tidak mahal mahal amat, pisang ambon ini juga pada umumnya dikonsumsi sebagai kudapan, seperti misalnya sale pisang, keripik pisang dan yang lainya.

Baca Juga :
Jenis Jenis Pisang Untuk Bayi 6 Bulan
Berikut Adalah Jenis Jenis Pisang Untuk Keripik

Bahkan banyak dari daerah di Indonesia yang membudidayakan pisang ambon ini, seperti misalnya di daerah  Jawa Tengah seperti Temanggung, Purworejo, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta seperti di Kulon Progo, dan Jawa Timur di Malang.

Yang paling populer dari jenis pisang ambon ini ada 3, berikut penjelasanya

  • 1. Pisang Ambon Lumut

Gambar Pisang Ambon Lumut-Jenis Pisang Ambon
Gambar-nya buahaz.com
Pisang ambon lumut banyak dibudidayakan di Temanggung, Jawa Tengah. Ciri ciri pisang ambon lumut ini saat masih mentah dan sudah matangpun warna kulitnya tetep ijo atau hijau, akan tetapi, ketika benar benar matang atau kalau orang jawa bilang dalu, maka warnanya beralih kekuningan dan ada bercak bercak warna coklat pada kulit buah pisang ambon lumut ini.

Baca juga : Jenis Pisang Hijau Atau Pisang Yang Warna Kulitnya Hijau Walaupun Sudah Matang

Diberi nama pisang ambon lumut karena warnanya seperti tumbuhan lumut (  sekelompok vegetasi kecil yang tumbuh pada tempat lembap atau perairan dan biasanya tumbuh meluas menutupi permukaan ).

Kulit pisang ambon lumut ini pada umumnya tipis. Sedangkan ciri ciri pisang ambon ( dagingnya ) rasanya manis, memiliki aroma yang kuat dan khas, serta berwarna putih kemerahan. Juga lebih kenyal dan lebih awet.

Sedangkan bentuk pisang ambon lumut ini hampir sama dengan jenis pisang ambon lainya, hanya saja pada umumnya diameter pisang ambon ini berkisar di 4 cm dan panjang buahnya sekitar 20 cm.

Ciri ciri pisang ambon lumut ini memiliki kurang lebih 17 buah dalam setiap sisir, dan ketika masih dalam tandan, pisang ambon lumut pada umumnya terdapat 7 hingga 12 sisir.

Harga pisang ambon lumut ini pada umumnya lebih murah ketimbang jenis pisang ambon lainya.

  • 2.Pisang Ambon Kuning

Gambar Pisang Ambon Kuning-Jenis Pisang Ambon
Gambar-nya pleisbilongtumi.wordpress.com
Yang kedua dari jenis pisang ambon adalah pisang ambon kuning. Ciri ciri pisang ambon kuning ini dilihat dari kulitnya berwarna hijau ketika masih mentah dan beralih kuning keputihan saat sudah matang.

Untuk buah pisang ambon kuning ini ( daging buah ) memiliki warna putih kekuningan. Soal baunya, aroma pisang ambon kuning ini masih kalah harum dengan pisang ambon lumut. Sedangkan rasa pisang ambon kuning ini manis, akan tetapi masih di bawah pisang ambon lumut rasa manisnya.

Jumlah pisang ambon kuning ini dalam satu tandan pada umumnya terdapat 8 hingga 14 sisir, sedangkan dalam satu sisir biasanya ada 18 buah.

Bentuk pisang ambon kuning ini melengkung dan meruncing, yang panjangnya berkisar di 20 cm dengan diameter buah sekitar 3 hingga 4 cm.

  • 3. Pisang Ambon Putih

Gambar Pisang Ambon Putih atau Cavendish-Jenis Pisang Ambon
Gambar-nya Varia.id
Yang terakhir dari jenis pisang ambon adalah pisang ambon putih. Bisa dibilang seluruh dunia tau akan pisang ambon putih ini, akan tetapi dengan nama yang berbeda, yakni Pisang Cavendish. Yup, pisang ambon putih sebenarnya pisang cavendish.

Pisang ambon putih ini soal rasa kurang begitu manis, karena ada sedikit rasa asamnya, akan tetapi lunak.

Warna daging dari pisang ambon putih ini adalah putih kekuningan. Sedangkan kulitnya sedikit lebih tebal dibanding jenis pisang ambon lainya. Dan warna kulitnya mulai dari hijau kekuningan hingga kuning muda halus.

Dalam satu tandan pisang ambon putih ini pada umunya terdapat 8 hingga 13 sisir, sedangkan setiap sisirnya rata rata terdapat 12 hingga 22 buah.

Nah itulah pengenalan kita akan Jenis Jenis Pisang Ambon , Ciri Ciri, Bentuk, Aroma, Serta Rasanya, gimana sahabat semua, sudah bisa mbedainya dan tidak bingung lagi ketika berada di pasar bukan?

0 Response to "Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Ambon , Ciri Ciri, Bentuk, Aroma, Serta Rasanya"

Post a Comment

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel