Nama Lain Pisang Lampung, Harga, Ciri Ciri Dan Gambarnya

Nama Lain Pisang Lampung, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Jenis pisang yang satu ini memang banyak dibudidayakan di Provinsi Lampung. Sahabat pasti sangat mudah menemukan buah pisang yang memiliki banyak manfaat ini, terlebih untuk pencernaan. Yupss....tak hanya kaya akan manfaat, pisang lampung ini juga bisa banget untuk dijadikan cemilan, seperti misalnya keripik pisang dan sale pisang bahkan untuk pisang goreng.

Maaf ya teman teman, seperti yang tertera pada deskripsi di About dalam blog sederhana ini.....yakni penulis sangat menyukai buah pisang, bahkan bisa dibilang rajin banget makan buah yang pohonya mudah tumbuh di Indonesia ini.

Kali ini penulis ingin berbagi cerita pada temen temen semua akan nama lain pisang lampung, karena ketika penulis mengetikan pisang lampung dalam pencarian google, yang penulis dapat kurang memuaskan, tapi ini hanya cerita yang mungkin saja akan menguak jawaban dari pertanyaan nama lain pisang lampung ini.

Selain itu, dengan membaca cerita ini bisa dijamin temen temen akan tau banyak akan pisang mungil nan manis asal lampung ini.

Awal Penulis Mengenal Pisang Di Provinsi Lampung Dan Mengetahui Nama Lain Pisang Lampung


Gambar Nama Lain Pisang Lampung
Gambar Pisang Lampung Dan Pisang Janten, Desa Batu Lemari, Kecamatan Air Naningan Kab Tanggamus, Lampung

Penulis pernah tinggal di Lampung, tepatnya di desa Batu Lemari, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, sekitar tahun 2007 hingga akhir 2009. Bahkan sampai sekarang penulis masih sering berkunjung ke sana, kadang 2 tuhun sekali kadang juga 3 tahun sekali.

Tanah di daerah air naningan ini pada umumnya ditanami pohon kopi, pohon coklat atau kakau dan juga pohon lada. Selain itu, dalam satu area tanah kebun bisa dipastikan ada bermacam - macam pohon pisangnya, hampir rata rata penduduk di sana memanfaatkan hasil dari pisang ini untuk kebutuhan sehari hari. Sedangkan lada dan kopi untuk kebutuhan tahunan.

Ada banyak sekali jenis pohon pisang yang di tanam di sela - sela pohon kopi dan pohon lada, seperti misalnya pisang jaten, pisang lampung, pisang byar atau tanduk, pisang kepok, pisang raja dan jenis jenis pisang yang lainya.

Akan tetapi, dari sekian banyaknya jenis buah pisang yang ada di lampung ini, pisang lampung adalah yang paling banyak ditanam oleh masyarakat. Kenapa.....?

Itu karena, pisang lampung ini relatif cepat berbuah dan cepat masak atau matang, bahkan dari mulai jantung hingga matang hanya diperlukan waktu cuman 40 hari, untuk alasan inilah nama lain pisang lampung juga disebut dengan pisang 40 hari.

Harga Pisang Lampung


Di desa ini, bahkan di wilayah kecamatan Air Naningan ini, cara pembelian buah pisang cukup unik, karena jualnya per kilo, bukan per sisir atau per tandan.

Uniknya lagi, para petani tinggal bilang "  Tolong Dilihat Pisang Yang Ada Di Kebun " pada si pembeli atau tengkulak buah pisang,  pembeli buah pisang ini akan langsung terjun ke kebun untuk menebang sendiri, memilih yang sudah tua dan dipikul sendiri naik terun lereng lereng kebun.

Setelah itu dibawa ke Air Naningan dengan menggunakan motor....andai saja dulu penulis menyimpan gambar - gambarnya pasti dipostingin deh dimari.....untuk dikirim ke Jakarta.

Sang pemilik pisang atau pemilik kebun bermodalkan kepercayaan, dan esok harinya uang hasil dari pisang tadi diantar ke pemilik kebun.

Nah harga per kilo dari pisang lampung ini ketika murah hanya 300 - 400 rupiah, sedangkan ketika mahal per kilonya bisa 600 hingga 1000 an.

Cara menimbangnya, tandan ikut ditimbang, contohnya satu tandan pisang lampung memiliki berat 15 kilo misalnya, maka akan di potong 2 kg, jadi tinggal 13 kg.

Ciri Ciri Pisang Lampung


Gambar pisang lampung masih mentah dan nama lain pisang lampung
Gambar Pisang yang  kecil itu pisang lampung dan yang besar dan panjang  itu pisang janten

Ciri ciri pisang lampung ini, buahnya cenderung kecil dan setiap tandan minimal ada enam sisir bahkan bisa 15 sisir bahkan juga lebih, tergantung pohonya subur atau tidak.

Pisang lampung ini mirip dengan pisang mas, akan tetapi barbeda, dan beda pisang mas dan pisang lampung akan ditulis di kemudian hari, tunggu ya, karena bukan hanya ujung buahnya saja perbedaanya.....ada banyak perbedaanya.

Untuk rasa,,,,,mungkin karena lidah penulis kurang begitu suka dengan yang namanya manis, jadi menurut penulis, pisang lampung ini rasanya sangat manis.

Ketika sudah matang, kulitnya berwarnya kuning cerah.....untuk baunya.....huzzz.... harum banget, kulit buah pisang lampung ini tipis banget, ketika dibuka, warna daging buahnya kemerah merahan,,,,,menggoda deh.

Olahan Pisang Lampung Khas Desa Batu Lemari Yang Paling Penulis Kangenin


Nah yang paling penulis suka dari pisang yang mungil nan legit ini adalah ketika buah pisang harganya lagi turun....sebenernya nggak juga sih ....karena butuh uang harian.

Nah pas harga pisang anjlok dan para supir truk pengirim pisang ke Jakarta lagi pada nggak kirim, buah pisang ini di kampung jadi bejibun.....dan banyak yang matang di pohon. Dari pada - dari pada....para petani membawa pulang pisang lampung ini, dibiarkan dengan sendirinya di pojok rumah hingga mantang sangat ( red jawa - dalu ).

Ketika pisang lampung ini udah bener - bener matang hingga banyak ( hewan kecil kecil terbang ) mengerumuninya dan bisa dibilang hampir busuk, maka pisang pisang lampung yang banyak itu dikupas semua, lalu dijemur untuk dijadikan olahan sale pisang.

Selain itu, yang lebih penulis suka adalah ketika pisang lampung ini dilumuri tepung dan digoreng serta disajikan dengan kopi pahit atau teh di pagi ataupun sore hari.....eeeem jadi pingin berkunjung kasana deh.


Kesimpulan Nama Lain Pisang Lampung


Selain juga disebut dengan pisang 40 hari, pisang lampung ini juga disebut oleh penduduk setempat dengan nama pisang gadis atau pisang putri, akan tetapi yang paling familiar dari nama lain pisang lampung ini adalah pisang muli. Untuk itu, bisa dibilang juga nama lain pisang muli adalah pisang lampung.

Itulah sedikit cerita akan nama lain pisang lampung, yang semoga menambah wawasan sahabat semua akan jenis jenis pisang di bumi Indonesia ini.

3 Responses to "Nama Lain Pisang Lampung, Harga, Ciri Ciri Dan Gambarnya"

  1. Admin, klo nama lain pisang janten apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang buapak mu itam nama nya

      Delete
  2. Infonya kurang jelas, pada umur berapa sejak tanam pisang Lampung mulai berbuah atau keluar ontong ya.

    ReplyDelete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel