Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang yang beraneka ragam terkadang menjadikan kita bingung untuk membedakan satu jenis pisang dengan pisang yang lainya. Terlebih  bagi ibu ibu yang baru memiliki bayi, ditambah dengan usia bayi yang berbeda beda satu sama lainya, mustinya banyak pertanyaan akan  buah pisang yang baik untuk bayi mereka.

Berbagai pertanyaan yang paling umum ditanyakan para ibu ibu zaman sekarang akan buah pisang untuk bayi mereka seperti misalnya : Apa saja jenis pisang untuk bayi 6 bulan? Amankah pisang sunpride untuk bayi 6 bulan? Jenis pisang raja untuk bayi?, Apa buah pisang untuk bayi 3 bulan? Bolehkah pisang cavendish untuk bayi? Pisang untuk bayi 4 bulan yang bagus apa?, Bolekah pisang barangan untuk bayi 6 bulan?

Ada juga yang menanyakan jenis pisang yang bagus untuk bayi mulai dari bayi umur 1, 2, 3, 4, 5, 6 bulan dan seterusnya.

Bagi temen temen ibu ibu yang juga menayakan hal yang sama seperti pertanyaan di atas, sebaiknya terlabih dahulu konsultasikan pada Dokter atau Bidan setempat, karena beliau beliau inilah ahli gizi dan pakarnya dalam urusan kesehatan.

Pada tulisan ini berjudul Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi? hanya berbagi informasi akan buah pisang yang paling sering dan umum diberikan pada bayi oleh kebanyakan orang jawa.

Kenapa harus orang jawa patokanya, karena di bumi manapun saya rasa ada orang jawa, yang mana terkadang ketika mereka lepas dari orang tua mereka, pengetahuan akan buah pisang yang diberikan turun temurun pada bayi yang di sarankan oleh orang jawa tempo dulu tidak mereka ketahui.

Misalnya saja orang jawa yang merantau di Jakarta, atau di mana saja yang menjadikan budaya jawa sedikit lepas darinya, terlebih dalam memberi makan bayi.

Ini adalah pengalaman yang pernah saya jumpai sewaktu masih kecil dan hingga sekarang, banyak juga para ibu ibu yang masih memberikan buah pisang ini pada bayi mereka.

Lalu Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi Yang Diberikan Orang Jawa Pada Bayi Mereka?


Baca juga : Jenis Jenis Pisang Untuk Bayi 6 Bulan

Orang jawa, khususnya yang kurang pemahaman akan informasi baru, akan terasa asing ketika mendengar pisang cavendish, pisang sunpride dan jenis jenis pisang yang pohonya tidak ada di daerah mereka.

Meskipun sebetulnya banyak sekali jenis pisang yang bisa diberikan pada bayi mereka sebagai MPASI ( makanan pendamping asi ).

Mungkin alasan itulah mereka tetap mempertahankan jenis pisang yang satu ini untuk bayi bayi mereka. Namanya adalah pisang sepet, dan gambar pisang sepet seperti dibawah ini.

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?-Pisang Sepet Untuk Bayi

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?-Buah Pisang Untuk Bayi

Apapun nama pisang ini di daerah temen temen, terutama para ibu ibu, jika ciri cirinya seperti pada gambar tadi, maka kalau di jawa dinakan pisang sepet. Karena saya belum menemukan nama lain dari pisang sepet ini.

Buahnya ketika matang sangat manis, dan ketika di kupas akan ada beberapa serat kulit yang menempel pada daging buah pisangnya. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?-Ciri Ciri Buah Pisang Untuk Bayi

Ukuranya juga tidak jauh beda dengan pisang yang berukuran kecil, seperti misalnya pisang mas, pisang putri atau pisang muli dan yang lainya.

Pisang ini, pohonya banyak tumbuh di jawa dan pohonya juga tidak setinggi pohon pisang kepok atau juga batangya juga tidak sebesar batang pohon pisang kepok.

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?-Pohon Pisang Untuk Bayi

Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?-Buah Pisang Sepet Masih Di Pohon

Nah itulah jawaban dari Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi? khususnya orang jawa.

Ini hanya sekedar informasi budaya orang jawa dalam segi pakan ( makanan yang diberikan pada bayi ). Dan pengenalan akan jenis pisang yang mungkin temen temen belum ketahui.

Apapun itu sebaiknya temen temen konsultasikan terlebih dahulu pada Dokter atau Bidan sebelum memberi MPASI pada bayi temen temen semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pisang Apa Yang Cocok Buat Bayi?"

Post a Comment

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel