Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih

Tips Membeli Pisang Kepok Merah, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Temen temen yang suka sama buah pisang, tentunya tau dong akan buah pisang kepok, akan tetapi tahukah kalian kalau pisang kepok ini ada dua jenis. Saya pernah menulisnya di  judul Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya

Tulisan ini adalah penebusan kesalahan dan permohonan maaf pada temen temen semua, karena ciri ciri pisang kepok yang saya sebutkan di judul tadi, ada kekeliruan dalam hal penyebutan ciri ciri buah pisang kepoknya.

Itu karena setelah saya belajar banyak di pasar, dan nanti setelah saya tulis yang ini, akan saya rubah tulisan tadi.

Di tulisan yang tadi untuk pisang kepok merah saya tulis lebih besar ukuranya dibanding dengan pisang kepok putih, akan tetapi yang sesungguhnya pisang kepok merah itu lebih kecil dibanding dengan pisang kepok putih.

Gambar Pisang Kepok Merah

Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih

Gambar Pisang Kepok Putih

Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih-Pisang Kepok Putih

Akan tetapi terkadang juga ada pohon pisang kepok yang putih tumbuh kurang begitu subur, yang menjadikanya terlihat kecil buahnya.

Dan ketika berjejer banyak pisang kepok di pasar, akan sangat membingungkan kita untuk membedakan mana pisang kepok merah dan mana pisang kepok putih. Untuk itu setelah saya belajar banyak di pasar, ada cara bagaimana kita bisa dengan mudah untuk membedakanya.

Dan berikut ini adalah Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih langsung dari pengalaman dan praktik sendiri.

Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Kedua jenis pisang kepok ini sama sama banyak dibutuhkan oleh masyarakat, karena kedua pisang kepok ini sangat pas untuk olahan pisang, seperti misalnya pisang goreng, keripik pisang, kue naga sari, kolak dan yang lainya.

Baca juga :
Berikut Adalah Jenis Jenis Pisang Untuk Keripik
dan
Jenis Pisang Untuk Pisang Goreng

Akan tetapi ketika yang membeli adalah para penjual gorengan, maka mereka akan memilih yang pisang kepok putih, itu karena ukuranya yang lebih besar yang tentunya lebih banyak pisang goreng yang dihasilkan.

Jika yang membeli para ibu ibu rumah tangga, maka kebanyakan mereka cenderung memilih pisang kepok merah, itu karena pisang kepok merah lebih manis rasanya bila dibandingkan dengan pisang kepok putih.

Sedangkan kalau yang membeli adalah penjual pakan burung, maka mereka cenderung akan memilih pisang kepok putih. Untuk alasanya saya kurang tau, mungkin saja lebih disukai oleh burung kicau.

Nah dari berbagai macam kebutuhan dari para pembeli pisang kepok yang saya amati ini, ada rahasia bagaimana cara membedakan kedua pisang kepok ini ketika berada di pasar.

Jika temen temen masih awam akan buah pisang, tentunya akan sangat kebingungan untuk membedakan kedua jenis pisang kepok ini di antara banyaknya tumpukan atau berjejer jejer jenis buah pisang pisang yang ada di pasar.

Tapi, setelah menyelasikan bacaan dari tulisan ini, kalian akan dengan mudah untuk selanjutnya membedakan kedua jenis pisang yang hampir sama ini.

Inilah Rahasia Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Jika temen temen bertanya pada penjual pisang, mana kepok merah mana kepok putih, maka jangan langsung percaya dengan jawabannya, agar tidak menyesal ketika sampai di rumah.

Hal pertama yang musti temen temen perhatikan adalah ukuranya, pisang kepok putih lebih besar dan pisang kepok lebih kecil.

Jika yang ditunjuk penjual pisang sesuai dengan kriteria tadi, maka sebaiknya juga jangan langsung percaya.

Kenapa ?

Itu karena, seperti penjelasan di atas, pohon pisang kepok puti yang kurang buahnya juga cenderung kecil.

Jadi apa lagi yang musti dilakukan ?

Pinjamlah pisau pada penjual pisang, dan irislah sedikit saja, maka akan ketahuan mana pisang kopok merah dan mana pisang kepok putih.

Jika pisang yang di iris berwarna kuning buahnya, maka itu pisang kepok merah dan jika buahnya berwarna putih maka itu pisang kepok putih.

Inilah rahasia para pembeli pisang yang dilakukan di pasar yang menjadikan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Tak hanya para pembeli pisang saja yang melakukan ini...!

Sebenarnya para penjual pisang yang ada di pasar juga melakukan rahasaia ini.

Ini terbukti, ketika para petani atau pengepul pisang yang membawa banyak pisang ke pasar, para penjual pisang pasar tersebut serta merta membawa pisau untuk membuktikan kebenaran kedua jenis pisang kepok tersebut.

Gambar Pengepul Pisang Membawa Pisang Ke Pasar

Pengepul Pisang Membawa Pisang Ke Pasar-Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Gambar Gambar Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Pisang Kepok Merah Buahnya Merah Atau Kuning

Pisang Kepok Merah Buahnya Merah Atau Kuning - Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Pisang Kepok Putih Buahnya Putih

Pisang Kepok Putih Buahnya Putih - Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Gambar Perbedaan Pisang Kepok Merah Dan Pisang Kepok Putih

Gambar Perbedaan Pisang Kepok Merah Dan Pisang Kepok Putih-Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih


Nah itulah Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih
Baca Juga:
Mau Tau Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk? Berikut Ulasanya
dan
Ciri Ciri Pisang Mas, Harganya Di Pasaran, Gambarnya, Dan Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli

3 Responses to "Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih"

  1. Repotnya jika pedagang pisang kepok nya ngeyel kepok putih dibilana kepok merah. Atau g boleh diitie/belah agar ketahuan jenisnya...!

    ReplyDelete
  2. Ciri ciri pisang kepok merah ,Lebih kecil, warna kulitnya tdk kuning polos tapi bercak bercak atau bintik bintik kehitaman.
    Pisang kepok yg bagus bila bentuk luarnya agak bulat ,artinya isinya padat.Pisang kepok yg bentuk kulitnya bersegi berarti masih belum tua sdh dipanen.

    ReplyDelete
  3. ini perbedaan berdasarkan fisik luar : Kepok merah ( bahasa saya: kepok kuning ) --> biasanya lebih kecil, berbentuk cempluk, kulit berbintik2 hitam, kalau sudah matang--> kulit terlihat kuning lebih tajam.
    Kepok putih : biasaya ukuran lebih besar & agak memanjang, kulit mulus, baik saat msh hijau ( mentah ) maupun matang, saat matang warna kuning kulit kurang tajam atau cenderung kuning keputihan

    ReplyDelete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel