Senin, 12 Desember 2016

Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya

Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Buah pisang memang buah yang selalu ada, baik ketika musim kemarau maupaun musim penghujan. Adanya buah pisang tidak hanya di desa saja, di kota kota besar juga melimpah buah pisang. Jadi jika sahabat ingin mencari buah pisang tidak harus datang ke desa, bahkan tidak juga harus menunggu musimnya, karena buah pisang tak mengenal musim. Tidak seperti buah buahan lainya seperti misalnya buah mangga, rambutan dan yang lainya.



Banyak sekali jenis buah pisang yang ada di dunia ini, di Indonesia sendiri juga bermacam macam jenisnya, seperti misalnya pisang ambon, pisang raja, pisang susu, pisang cavendish, pisang mas, pisang nangka, pisang tanduk, pisang kapas, pisang awak, pisang lampung, pisang kidang, pisang badak, pisang barangan, pisang kepok dan yang lainya.

Dari sekian banyaknya jenis pisang ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia, seperti misalnya manfaat buah pisang untuk diet, manfaat buah pisang untuk sakit maag, menyehatkan tulang, untuk penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan otak dan yang lainya.

Manfaat buah pisang juga untuk kecatikan seperti misalnya untuk masker wajah, menghaluskan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan lain lain.

Pada umumnya buah pisang disajikan langsung ketika sudah matang, akan tetapi ada juga jenis buah pisang yang di sajikan harus dengan diolah terlabih dahulu, seperti misalnya digoreng, direbus atau dibakar ( panggang ) dan olahan pisang lainya. Pisang yang enak jika diolah terlebih dahulu sebelum dihidangkan seperti misalnya pisang kepok.

Di dunia industri membudidayakan pisang kepok kuning ini pada umumnya untuk dijadikan tepung, kripik, cuka, bir, dan puree.

Dan memang pada kesempatan kali ini, admin mencoba berbagi informasi mengenai jenis piasang kepok, ciri ciri , kandungan, serta manfaatnya pada sahabat semua. Yuk simak!!!!
Baca Juga : Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih

Jenis Pisang Kepok, Klasifikasi Dan Ciri Cirinya



Gambar Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya
Sumber Gambar http://ayselalver.blogspot.co.id/

Pisang kepok atau juga ada yang menyebutnya dengan pisang gepeng karena bentuk dari pisang kepok ini tidak seperti buah pisang pada umumnya, yakni bentuk pisang kepok ini pipih dan bersegi.

Selain disebut pisang gepang jenis pisang kepok ini juga di sebut pisang Abu untuk warga Malaysia. Sedangkan di Sabah ( negara di Malaysia ) jenis pisang kepok disebut pisang Saba atau pisang Menurun. Salin itu juga dikenal dengan nama pisang Batu, Sepatu, Cepatu, Nipah, Menurun, Manurung, Sanggar

Selain bentuknya yang pipih, pisang kepok ini juga ukuranya agak kecil, hanya sekitar 10 - 12 cm panjangnya dan beratnya hanya sekitar 80 - 120 gram.

Klasifikasi Tanaman Pisang Kepok Menurut Tjitrosoepomo (1991), Adalah Sebagai Berikut :

Regnum : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Classis : Monocotyledoneae
Ordo : Musales
Familia : Musaceae
Genus : Musa
Spesies : Musa paradisiaca L.


Pisang kepok memiliki rasa yang manis, ada juga jenis pisang kepok yang rasanya asam.

Untuk jenis pisang kepok yang rasanya manis disebut atau populer dengan nama pisang kepok kuning. Sedangkan yang rasanya asam disebut pisang kepok putih.

Pisang kepok kuning ( juga biasa disebut merah ) ukuranya lebih besar, kulitnya lebih tebal, isinya lebih padat, dan rasanya lebih enak ( manis ).

Sedangkan kepok putih ukuranya lebih kecil, kulitnya lebih tipis, isinya empuk, tapi kurang enak ( sedikit asam) dan pada umumnya dijadikan sebagai pakan burung kicau.

Ralat : Yang sesungguhnya pisang kepok kuning atau merah lebih kecil, sedangkan pisang kepok putih lebih besar dibanding pisang kopok kuning.


Kandungan Dan Manfaat Jenis Pisang Kepok


Baik jenis pisang kepok kuning maupun putih memiliki kandungan nutrisi yang sama dan kandungan nutrisi setiap satu buah pisang mengandung 11mg kalsium, 35mg fosfor, 1mg zat besi, 503mg potassium, 260IU vitamin A, 1mg niasin, dan 14mg vitamin C.

Manfaat jenis pisang kepok lainya adalah baik batang, daun maupun buahnya di gunakan dalam upacara adat seperti acara Pernikahan, upacara adat ritual Agama Hindu.

Gambar Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Batang Untuk Upacar Adat
Sumber Gambar charisfauzan - WordPress.com
Batang pohon pisang juga dapat dibuat menjadi kertas. Selain itu dalam budidaya jangkrik, batang pisang ini sangatlah bermanfaat untuk memanipulasi pakan agar jangkrik tidak berair.

Gambar Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Batang Untuk Pakan Jangkrik
Sumber Gambar http://www.rajajangkrik.com/

Bahkan limbah dari kulit pisang kepok juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan nata ( makanan kenyal ). Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan es krime kulit pisang.

Selain itu kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk tepung kulit pisang yang pada akhirnya dijadikan aneka kue seperti bolu dan lainya.

Gambar Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Kulit Untuk Es Krime
Sumber Gambar ayudpratiwi13.blogspot.com
Selain itu ternyata limbah dari kulit pisang menyimpan tenaga listrik.

Bonggol dari pohon pisang juga bisa dimanfaatkan untuk obat menyembuhkan berbagai penyakit seperti disentri, pendarahan usus, obat kumur serta untuk memperbaiki pertumbuhan dan menghitamkan rambut. Sedangkan untuk makanan, bonggol pisang dapat diolah menjadi penganan, seperti urap dan lalapan  

Daun dari pohon pisang juga bermanfaat untuk membungkus aneka makanan. Kandungan jantung pisang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Jenis Pisang Kepok Untuk Meringankan Sembelit Dan Mengatasi Diare

Buah pisang kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Jika sahabat merasakan sembelit saat buang air besar, mengkonsumsi pisang secara teratur akan meringankan sembeilit sahabat, begitu pula ketika diare.

Manfaat Jenis Pisang Kepok Untuk Menurunkan Berat Badan

Sedangkan kandungan protein dan lemak pada buah pisang sangatlah rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen saja. Oleh karena itu, sahabat tidak usah takut kegemukan walaupun mengonsumsi buah pisang dalam jumlah yang banyak.

Manfaat Jenis Pisang Kepok Untuk Meredakan Penyakit Maag ( Asam Lambung )

Penyakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan rasa nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. 

Selain sayuran hijau, gandum, melon, kentang, daging rendah lemak, ikan, putih telur, buah pisang juga merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah asam lambung.

Manfaat Jenis Pisang Kepok Untuk Diabetes Tipe 1

Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu buah pisang dengan ukuran sedang menyediakan kurang lebih sekitar 3 gram serat.

Nah itulah sedikit informasi mengenai jenis pisang kepok, ciri ciri, kandungan dan manfaatnya.

Sumber:

http://digilib.unila.ac.id/9135/11/BAB%20II.pdf
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/makanan-yang-dilarang-oleh-penderita-asam-lambung#post-24049
https://ardiwahyu144.wordpress.com/category/jenis-pisang/
http://berkahkhair.com/pisang-kepok/

https://aziaman.wordpress.com/2012/11/13/pemanfaatan-limbah-dari-tanaman-pisang/
http://ahyan8891.blogspot.co.id/2012/06/tumbuhan-berdasar-fungsi-upacara-adat.html
http://dinda91blog.blogspot.co.id/2011/06/pembuatan-kertas-dari-batang-pohon.html

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus