Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini

Jenis Pisang raja, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Pisang raja adalah salah jenis buah pisang yang aromanya harum dengan tekstur buahnya lembut serta rasanya manis dan ukuranya yang tidak terlalu besar ataupun kecil. Pohon Pisang raja ini banyak tumbuh di negara negara Asia Tenggara. Dan ada banyak dari jenis pisang raja ini.






Terkadang banyaknya jenis jenis pisang yang yang ada di pasar membuat kita yang awam akan buah pisang bingung dengan buah yang memiliki tekstur lunak ini, terlebih Indonesia sendiri memiliki beragam bahasa yang tentunya penyebutan untuk jenis buah pisang tertentu berbeda beda, yang menjadikan kita semakin sulit untuk membedakan. Seperti misalnya jenis pisang raja, pisang raja sendiri ada berbagai jenis yang ukuran, bentuk, warna, dan rasanya hampir sama.

Gambar Jenis Jenis Pisang RajaGambar Jenis Jenis Pisang . Sumbar Gambar jualpisang.wordpress.com

Untuk alasan itulan jenis pisang dan manfaatnya dot co dot id mencoba berbagi pada sahabat semua dengan ulasan yang sederhana dan mudah untuk dipahami ini. Yang jelas, pisang raja ini memang salah satu dari jenis buah pisang yang populer di Indonesia. Itu karena kandungan dan manfaat buah pisang raja sendiri, selain itu pisang raja ini termasuk jenis pisang yang bisa menjadi pisang meja dan juga pisang olahan.

Pisang raja sendiri yang paling populer ada 6 jenis, dan berikut ini mari kita kenali satu persatu dari jenis pisang raja.

Baca Juga : Jenis Jenis Pisang Untuk Bayi 6 Bulan

Jenis Jenis Pisang Raja Yang Populer



  • 1. Pisang Raja Bulu

 Gambar Jenis Pisang Raja BuluGambar Pisang Raja Bulu. Sumber Gambar pleisbilongtumi.wordpress.com

Pisang raja bulu adalah buah pisang yang kulitnya tebal, warna kulitnya ketika sudah matang atau masak akan menguning dengan adanya bintik bintik coklat. Selain itu, ciri ciri pisang raja bulu ini buahnya cukup besar, akan tetapi tidak sebesar pisang tanduk.

Jika masih dalam keadaan tandan, pada umumnya pisang raja bulu ini memiliki buah yang jumlahnya kurang lebih 90 buah, yang kisaran beratnya setiap tandan 12 hingga 16 kg. Dan dalam satu tandan pisang raja ini pada umumnya berjumlah 6 hingga 8 sisir.

Sedangkan jika sahabat melihatnya dalam keadaan sudah bentuk sisir ( jawa cengkeh ), pada umumnya buah pisang raja bulu ini ada 14 hingga 16 buah.

Nah setiap satu buah pisang raja bulu ini panjangnya sekitar 12 hingga 18 cm dan memiliki diameter sekitar 3,2 cm.

Selain kulitnya yang tebal, sahabat juga bisa mengenali buah pisang raja bulu ini dengan bentuknya yang melengkung, sedangkan pakal buahnya agak membulat.

Jika sahabat membuka kulit buah pisang raja ini, buahnya akan bisa dikenali dengan warnanya yang kuning kemerah merahan dengan bau harum yang khas. Ketika sahabat mulai menggigitnya, rasa pisang raja ini terasa manis dan legit dengan tekstur lembut dan tidak ada biji pada buah pisang raja bulu ini.

Baca Juga : Jenis Pisang Kepok, Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaatnya


  • 2. Pisang Raja Sereh

 Pisang Raja Sereh Gambar Pisang Raja Sereh. Sumber Gambar pleisbilongtumi.wordpress.com

Jenis pisang raja selanjutnya adalah pisang raja sereh, berikut ini adalah ciri ciri pisang raja sereh yang musti sahabat ketahui agar tak keliru dengan pisang raja lainya.

Kulit buah pisang raja sereh ini tidak seperti kulit pisang raja bulu yang tebal, akan tetapi kulit pisang raja sereh ini tipis. Dan warna kulit buah pisang raja sereh ini kuning kecoklatan, akan tetapi ketika sudah masak atau matang akan terlihat adanya bintik bintik coklat gelap.

Untuk ukuran buahnya juga tidak sebesar pisang raja bulu, raja sereh ini panjangnya hanya 10 hingga 15 cm dengan diameter buah 3 hingga 4 cm. Untuk setiap tandan pisang raja sereh ini ada sekitar 5 hingga 6 sisir.

Tidak seperti buah pisang raja bulu yang rasanya manis serta legit, pisang raja sereh ini memiliki rasa manis aga sedikit asam, sedangkan warna dari daging pisang raja sereh ini putih dan lunak, akan tetapi tidak berbau harum yang tajam.

Pisang raja sereh termasuk jenis pisang yang langsung bisa di makan saat sudah matang dan paling pas dimakan setalah sarapan.

Lebih lengkap lagi lihat juga : Inilah Nama Lain Pisang Raja Sereh Dan Ciri Cirinya Serta Harganya

Baca Juga : Jenis Pisang Untuk Pisang Goreng

  • 3. Pisang Raja Uli

Gambar Jenis Pisang Raja UliGambar Pisang Raja Uli. Sumber Gambar mamibun.blogspot.co.id

Jenis Pisang Raja selanjutnya yang musti sahabat ketahui adalah buah pisang raja uli. Pisang raja uli ini enaknya dimakan setelah di olah, baik digoreng maupun dijadikan pisang rebus.

Ciri ciri pisang raja uli ini memliki bentuk buah yang membulat serta memanjang yang mana ujungnya meruncing serta berwarna hijau pada ujung runcingnya. Untuk kulitnya buah pisang raja uli ini berwarna kuning kemerahan.

Daging buahnya juga berwarna kuning kemerahan dengan aroma yang harum, serta memiliki rasa yang manis.

Untuk panjang buah pisang raja uli ini berkisar antara 15 hingga 18 cm, sedangkan berat perbuahnya berkisar antara 75 hingga 100 gram.

Dalam setap tandan pisang raja uli ini kurang lebih ada 100 hingga 160 buah, dengan setiap tandan kurang lebih ada 5 hingga 8 sisir.

Baca Juga : Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Ambon , Ciri Ciri, Bentuk, Aroma, Serta Rasanya

  • 4. Pisang Raja Nangka

Gambar Jenis Pisang Raja NangkaGambar Pisang Raja Nangka. Sumber Gambar polowijotemanggung.com

Jenis pisang raja selanjutnya adalah pisang raja nangka, nah bagi shabat yang ingin membuat cemilan keripik pisang, raja nangka adalah salah satu jenis pisang yang bisa di jadikan untuk keripik pisang.

Salian keripik pisang, raja nagka juga enak dibuat pisang goreng. Karena memang pisang raja nangka ini termasuk jenis pisang olahan. Ciri khas dari pisang raja nangka ini setelah digoreng akan terasa sedikit asam.

Ciri ciri pisang raja nangka ini baik saat masih mentah atau sudah matang akan berwarna hijau pada kulit buahnya.

Ketika masih dalam keadaan tandan pada umumnya pisang raja nangka ini memiliki 7 hingga 8 sisir pisang, sedangkan berat pertandanya kurnag lebih 17 hingga 18 kg.

Baca Juga : Berikut Adalah Jenis Jenis Pisang Untuk Keripik

  • 5. Pisang Raja Udang

Gambar Jenis Pisang Raja UdangGambar Pisang Raja Udang

Yang nomer lima dari jenis pisang raja adalah pisang raja udang, pisang raja udang ini sangatlah mudah untuk dikenali, karena jenis pisang yang satu ini warna kulit buahnya lain dari pada yang lainya.

Ya, kulit buah pisang raja udang ini berwarna merah atau keunguan. Jadi jika sahabat menjumpainya maka segeralah untuk membelinya, karena kandungan dan manfaat pisang raja udang ini sangat banyak, termasuk biak untuk diet bagi sahabat yang melakukan program diet.

Tekstur buah raja udang ini halus dan untuk rasanya manis akan tetapi sedikit masam. Pisang raja udang ini juga bisa langsung dikonsumsi sebagai pisang meja dan juga bisa untuk olahan seperti misalnya, keripik pisang, dan yang lainya. Akan tetapi bila dijadikan pisang goreng kurang pas.

Selain dinamai pisang raja udang juga disebut dengan pisang tembaga dan juga pisang merah serta pisang kidang.

Baca Juga : Pisang Kidang, Ciri Ciri, Harga, Pohon, Serta Nama Lain Dan Ilmiahnya

  • 6. Pisang Raja Lawe

Gambar Jenis Pisang Raja LaweGambar Pisang Raja Lawe. Sumber Gambar kbhsalamaninaction.blogspot.co.id

Jenis pisang raja selanjutnya adalah pisang raja lawe, pisang ini memiliki ukuran yang cukup besar, untuk satu buah pisang bisa mencapai panjang 30 cm dan banyak dibudidayakan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Nah itulah beberapa jenis pisang raja yang populer, jika dalam hal ini ada penyebutan yang berbeda beda dalam bahasa yang berbeda. Maka, sahabat bisa berbagi informasinya di kolom komentar ya. Dan jangan lupa di share agar sahabat yang lain pada tau akan jenis jenis pisang raja ini.

2 Responses to "Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini "

  1. kalau pisang raja tarub itu bagaimana ciri2nya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang raja uli kalau di sunda namanya pisang bangkahulu

      Delete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel